November 14, 2012

JFW 2013 - PART 1

Seminggu cepat sekali berlalu. Fashion week sudah berakhir. Namun, saya masih terngiang-ngiang akan megahnya panggung catwalk dan hentakan musik di fashion tent. Saya selalu berkhayal berada kembali di sana.
Setelah pertunjukkan Erasmus Huis Rabu lalu, saya masih menonton beberapa show lainnya sampai hari Senin. Hari Jumat saya menonton LPM Graduates Show dan JFW Fashion Forward. Alleira by Manda Rahardjo, May and June by Barli Asmara dan Rusli Tjohnardi juga saya sempatkan untuk menonton. Hari terakhir, Senin, saya menonton Ikat Indonesia by Didiet Maulana dan Hengky Kawilarang.
Saya sangat suka dengan koleksi dari Alleira. Koleksi ready to wear-nya yang dipresentasikan dalam empat sekuen: Art Deco, Aztec, Origami dan Butterfly sangat cantik dan elegan. Siapapun pasti ingin memiliki sepotong Alleira dalam lemarinya.
Kali ini May&June yang berkolaborasi dengan Barli Asmara memboyong tema Aristocracy dalam koleksi terbarunya. Aristocracy kini mengacu kepada kelas ekonomi tertinggi dimana terlihat sekali pada style rancangan Barli yang mewah. Potongan baju yang tidak terlalu rumit namun berfokus pada print menambah kesan easy dan berkelas. Show Barli kali ini turut dimeriahkan oleh beberapa entertainer lainnya seperti Bunga Citra Lestari (yang menjadi langganan desainer ternama lainnya juga) dan personil Be3 yang mengenakan koleksinya di atas catwalk.
Jakarta Fashion Week 2013 adalah show yang pertama kali untuk Ikat Indonesia. Meskipun yang pertama, Ikat Indonesia telah menyajikan show penutup yang luar biasa. Didiet Maulana, desainer di balik kesuksesan show tersebut, dengan apik merancang kain tenun yang dikombinasikan dengan bahan yang halus dan tembus pandang. Kain tenun yang bercorak tribal sangat edgy dan stylish tetapi tetap menonjolkan unsur tradisional.
Dengan mengambil tema Rainbow, Hengky Kawilarang dengan luwesnya memadupadankan gaun-gaunnya yang bernuansa bold dengan kerajinan tangan nusantara, dari anyaman akar wangi hingga manik dayak yang berpadu chic. Unsur sparkles yang berkilauan juga tak luput dari koleksinya. Beberapa penonton yang duduk di front row terlihat cantik mengenakan koleksi terbaru Hengky, sebut saja Syahrini. 

ALLEIRA BATIK by Manda Rahardjo


MAY & JUNE by Barli Asmara



Rusly Tjohnardi

IKAT INDONESIA by Didiet Maulana


APPMI Hengky Kawilarang


Semua gambar diambil dari image.net.
Bersambung...