March 30, 2013

IFW 2013 - STYLING THE WORLD & CONNECTIONS

(Dulux present Connections menampilkan Friederich Herman, Stella Rissa, dan Ichwan Thoha. Maxi Style present Styling The World menampilkan Samuel Wattimena dan Ardistia New York.)


ARDISTIA NEW YORK
                Koleksi bertajuk effortless elegance yang dirancang Ardistia New York sukses membuat saya menggeleng kepala kagum. Kesan simple dan elegan benar-benar terasa dalam koleksi ready to wear ini. Beberapa potongan baju dengan layer yang biasanya terkesan ramai pun tidak mengurangi makna dari tema tersebut. Berbagai warna cokelat, putih, motif print biru dan cokelat, dengan padanan sepatu nude benar-benar sempurna. Rasanya saya ingin membawa semua koleksi Ardistia malam itu.



FRIEDERICH HERMAN 
Keindahan kompleksitas hidup modern, itulah yang disampaikan oleh desainer muda, Friederich Herman. Ia dengan sukses mengawinkan gaya maskulin dan feminin. Blazer, rompi dengan padu padan rok dan celana panjang apik dibawakan dengan sepatu bernuansa neon. Salah satu favorit saya adalah kemeja putih dengan cutting yang tidak biasa, miring dari leher sampai bawah ketiak. Baju siap pakai yang futuristik!



ICHWAN THOHA
       Dengan membawa ciri khasnya dengan menggunakan bow tie, Ichwan Thoha menuangkannya ke dalam koleksi men wear di IFW 2013. Turban, kopiah dengan detail tassel, tunik, ruffles shirt, celana Jodhpur yang berasal dari Timur Tengah, India, juga Indonesia, dipadukan dengan coat, jacket, trench coat dan potongan modern lain. Judul koleksipun melengkapinya, ‘East Meets West’. (Indonesia Fashion Week)



SAMUEL WATTIMENA
Saya cukup tersentuh pada tema koleksi yang dibawakan Samuel Wattimena malam itu. Kalut. Sebelum show dimulai, para audience disuguhkan dengan layar LED yang menampilkan rangkaian kata-kata latar burung-burung hitam yang berterbangan. Kata-kata itu menggambarkan tidak hanya kacaunya alam dan cuaca yang tidak menentu tetapi juga ketidakpedulian manusia terhadap sesamanya. Sangat terasa kalutnya bagi saya. Kali ini Samuel Wattimena membawa koleksi ready to wear pria dengan warna-warna yang 'sekalut' temanya in a good meaning. Studded shirt dan rangkaian bunga-bunga bulat buatan tangan yang disulap apik sebagai poros utama atasan menjadi benang merah dari koleksi Samuel.



STELLA RISSA
Siapa yang tidak menunggu-nunggu koleksi Stella Rissa?  Vopale pink, sand creeme, dusty purple, and pastel yellow dikombinasi dengan warna bold merah bata dan biru tile pekat . Bahan melambai seperti chiffon, cotton silk, dan thin raw silk ditegaskan dengan cotton ottoman, linen, thick raw silk bahkan kulit,” tegas Stella Rissa. Atasan dengan gaya drop shoulder berdetil swall neckline, high waisted skirt dengan efek puff-train, dress fitted dengan detail flare pada bagian bawah, structured jacket dipadukan dengan rok panjang silk organza yang menerawang. Corset dress dengan bentuk rok A line seperti payung dan jump suit dengan celana pallazzo lebar. Koleksi kali ini memberikan napas era 40-50an dengan kemasan modern. Keseimbangan yang pas selalu menjadi visi dan misi Stella dalam mendandani stellar-woman untuk tampil super elegan! (Indonesia Fashion Week)