June 11, 2013

"POSTCARD" SPRING SUMMER 2014 OLEH BIYAN (BAGIAN 2)

          Mungkin bukan de javu, sebuah kata ketika kita melihat fashion show Biyan. Melihat ciri khas yang kuat dan kental pada setiap kali koleksi dipertontonkan tentu menggelitik kita untuk menggumam, “Rancangan koleksi musim ini hampir sama dengan musim kemarin, seperti pernah melihat sebelumnya.”. Akan tetapi, ciri khas itulah yang membuat kita mengenali tiap potong pakaian yang didesain Biyan yang tentu memiliki identitasnya sendiri di setiap show.
          Mengingat masa kecilnya yang selalu berpindah-pindah dan sering menjumpai kartu pos, Biyan terinspirasi untuk membuat koleksinya dengan tema “Postcard”. Banyak inspirasi yang dituang dalam koleksi kali ini yang merupakan memorabilia 30 tahun perjalanan Biyan di dunia mode. Perpaduan inspirasi dari pakaian adat pria dan wanita Indonesia tempo dulu, kain batik, serta kerajinan tikar sukses diterjemahkan dalam rangkaian koleksi berjumlah ratusan tersebut. Siluet yang longgar banyak digunakan dengan elegan. Rompi, mantel, jaket, blouse, rok, dress sampai bermacam siluet kebaya pun dicustom sedemikian rupa sehingga para penonton terbius melihatnya. Berbagai print elang, bunga, batik, geometri yang dilukiskan sangat cantik di atas pakaian-pakaian tersebut. Koleksi Biyan yang masih setia pada detail lace dan menggunakan warna-warna pastel dan warna netral pun tidak terasa membosankan. Tentu tidak ketinggalan, manik-manik yang gemerlapan dan pola simetris yang selalu menjadi ciri khasnya juga menjadi elemen kuat dalam koleksi “Postcard” ini.
          Show Biyan tersebut tidak hanya menyuguhkan koleksi pakaian, tetapi juga kreativitas dan totalitas dari sebuah pertunjukkan. Penataan cahaya yang tidak terlalu terang, menyala ketika show dimulai. Empat elang besar tiruan, yang bergantung di sudut panggung catwalk tempat para model keluar, langsung terkuak kehadirannya memantulkan cahaya tersebut. Konsep panggung tersebut cukup apik dan anggun untuk menyajikan peragaan busana-busana yang luar biasa memukau.
          Saya pribadi cukup menikmati pertunjukkan malam itu, terlepas dari suasana luar ballroom yang padat disesaki para tamu yang mungkin tidak mau melewatkan show annual Biyan. Sebagai fans dari Biyan, “Postcard” memang sudah saya ekspektasikan tinggi. Realitanya, acara malam itu memang mengagumkan, khususnya pada busana yang dipertunjukkan. Tidak salah jika inspirasi terbesar Biyan adalah wanita Indonesia. Rancangan Biyan memang mencerminkan gaya busana sebagian besar wanita Indonesia dengan adat ketimuran yang khas: anggun dan sopan.



Koleksi Postcard lainnya dari Biyan

(Selesai.)

2 comments:

Danny Suyandi said...

Biyan is an awesome designer!
loving the collection :D


http://rebellishoes.blogspot.com/

WilliamCL said...

He sure is a top notch designer, looking from your photos :D

williamcl.blogspot.com